Kenapa kita membutuhkan
keselamatan ?
Latar belakang keselamatan
Ø Era Globalisasi membawa pengaruh terhadap kemajuan zaman.
Ø Persaingan semakin ketat, kegiatan antar kawasan/wilayah
meningkat.
Ø Kebutuhan transportasi untuk memenuhi permintan.
Ø Mengurangi risiko kecelakaan.
Ø Mewujudkan transportasi yang aman dan selamat.
Kecelakaan
Indonesia
menempati urutan pertama peningkatan kecelakaan menurut data Global Status
Report on Road Safety yang dikeluarkan WHO. Indonesia dilaporkan mengalami
kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas hingga lebih dari 80 persen. Di
Indonesia, jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 120 jiwa
per harinya. Tak berbeda jauh dengan di Nigeria, yang mengklaim 140 jiwa
warganya tewas akibat kecelakaan setiap hari.
Sementara,
angka kematian global saat ini tercatat mencapai angka 1,24 juta per tahun.
Diperkirakan, angka tersebut akan meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 3,6
juta per tahun pada 2030.
Seperti
dilansir dari the Washington Post, menurut data terbaru Global Burden, di
negara berkembang kecelakaan lalu lintas termasuk lima besar penyebab utama
kematian di dunia. Melampaui HIV/AIDS, malaria, TBC, dan penyakit pembunuh
lainnya. Para korban cenderung merupakan warga miskin, muda, dan kebanyakan
laki-laki.
Pembunuh
global yang paling mengancam dalam berlalu lintas adalah kendaraan bermotor.
Menurut Spesialis Keselamatan Lalu Lintas di Bank Dunia Jose Luis Irigoyen,
negara-negara miskin menyumbang 50 persen dari kemacetan lalu lintas di dunia.
Mereka juga menyumbang 90 persen jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas.
Direktur
Keselamatan Transportasi Darat Kementerian Perhubungan Gede Pasek mengatakan,
berdasarkan catatan yang dia miliki, angka kematian di jalan raya sebetulnya
menurun setiap tahun. Menurut data kepolisian, angka kecelakaan di jalan raya
pada 2013 sebanyak 26.464 kasus, menurun dari 2012 sebanyak 29.544 dan 31.234
kasus pada 2010.
Untuk
menekan angka kematian di jalan raya, Kementerian Perhubungan bekerja sama
dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk memperbaiki 68 titik rawan kecelakaan
di seluruh Indonesia. "Soal geometri jalan diurusi oleh Kemen-PU, Kemenhub
menangani rambu-rambu lalu lintas yang dibuthkan," lanjut Gede Pasek.
Dampak
kecelakaan
Aspek
manusia
Ø Kecelakaan mengakibatkan cedera dan kematian
Ø Kecelakaan dapat mengakibatkan tidak mampu bekerja,
menurunnya penghasilan serta mengakibatkan penderitaan bagi keluarga
Ø Kecelakaan mengakibtkan efek trauma bagi pelaku
maupun korban
Aspek
ekonomi
Ø Kecelakaan mengakibatkan penurunan kesejahteraan
masyarakat
Ø Kecelakaan dapat mengakibatkan kerugian sosial yang
besar
Kebutuhan
manajemen untuk keselamatan jalan
Ø Kecelakaan lalu lintas
adalah buah dari kelalaian dan ketidaksiapan.
Ø Penurunan peluang
kecelakaan adalah adalah peluang bisnis.
Ø Upaya perwujudan
keselamatan transportasi adalah
investasi
Prinsip
keselamatan
1. Keselamatan adalah budaya
2. Keselamatan adalah etika kepedulian terhadap orang
lain
3. Keselamatan adalah tanggung jawab bersama
4. Keselamatn harus dilatih
5. Keselamatan adalah pekerjaan
6. Keselamatan adalagh pencegahan kecelakaan
7. Keselamatan adalah bisnis
Pencegahan
kecelakaan
Aksioma Heindrich
Ø Setiap Kecelakaaan selalu ada sebabnya
Ø Bila penyebab kecelakaan dihilangkan, maka
kecelakaan dapat dihindarkan
Setiap
kecelakaan pada dasarnya dapat dicegah !
0 komentar:
Post a Comment